Howard Aiken


Howard Aiken lahir pada 9 Maret 1900 di Hoboken, New Jersey, Amerika. Aiken adalah orang yang mencetuskan ide untuk dibuat sebuah mesin penghitung yang dapat membantu penelitian yang kemudian mesin ini diberi nama Mark I, cikal bakal komputer modern seperti yang ada saat ini. Aiken berkuliah di University of Wisconsin, Madison. Pada tahun 1939 memperoleh gelar Doktor nya dari Harvard University dan menjadi guru besar di universitas tersebut. .

Komputer elektromekanis pertama, Mark I yang merupakan hasil penelitian Howard Aiken, disponsori oleh IBM. Proyek pembuatan Mark I ini dimulai pada tahun 1937. Howard Aiken menyelesaikan proyek penelitiannya dalam membuat Mark I pada tahun 1944. Pada dasarnya komputer ini merupakan sekumpulan kalkulator elektromekanis dan mempunyai banyak kemiripan dengan mesin analisis ciptaan Charles Babbage. Aiken sendiri tidak mengetahui cara kerja alat Babbage, jadi Mark I bukanlah `contekan` dari mesin Babbage.Mark I merupakan hasil karya Aiken yang mengagumkan.

Saat merancang Mark I, Aiken membuat 4 point utama mengenai mesin ini.

  1. Mesin ini dapat menyelesaikan persoalan mengenai bilangan-bilangan positif maupun bilangan-bilangan ganjil dengan baik.
  2. Mesin ilmiah ini dapat memecahkan persoalan fungsi matematika seperti logarithms, sinus, cosines, dan fungsi matematika lainnya.
  3. Mesin ini akan menjadi alat bantu yang sangat berguna bagi para peneliti dalam mencari jawaban mengenai numerical values.
  4. Mesin ini dapat mengkalkulasi baris-baris sebagai pengganti kolom-kolom dalam soal-soal deret matematika.

Mark I adalah komputer yang bekerja secara eletromekanis dan bekerja dengan sistem digital. Mark I dapat menyelesaikan persoalan mengenai fungsi-fungsi trigonometri. Secara fisik, Mark I mempunyai bentuk yang besar dengan tinggi 8 kaki dan panjangnya 55 kaki. Sebagian besar terbuat dari besi dan bahan kaca. Saat dioperasikan, mengeluarkan bunyi yang berisik. Hal ini dapat dimaklumi karena Mark I memiliki lebih dari 750.000 bagian mesin dan menggunakan kabel yang sangat panjang. Sementara itu, tidak hanya Aiken yang berhasil membuat Mark I, Dr John Atanasoff bersama asistennya Clifford Berry berhasil menciptakan sebuah komputer elektronik, komputer pertama menggunakan komponen elektronik yang diberi nama ABC (Atanasoff-Berry Computer).

Kemudian Dr. John Mauchly bersama muridnya Presper Eckert menggunakan asas kerja ABC, membuat sebuah komputer yang diberi nama ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator). Setelah dibuatnya ENIAC, lalu muncul komputer yang diberi nama UNIVAC, yang sudah dapat diperdagangkan secara komersil. Dengan lahirnya Mark I, bisa dibilang juga lahirnya era komputer modern. Sejak saat itu, muncul komputer-komputer elektronik dengan teknologi yang semakin canggih.

About Yanto Sugianto (yanto7885@yahoo.co.id)
Guru TIK di SMP Negeri 2 Kramatmulya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: